Jumat, 04 Maret 2016

HOT STONE MASSAGE



HOT STONE MASSAGE
A. Pengertian Hot Stone Massage
Hot Stone Massage adalah seni penyembuhan kuno yang berasal lebih dari 2000 tahun yang lalu. Merupakan bentuk terapi yang sangat unik dengan menggunakan batu yang dipanaskan dengan air sebagai alat atau media untuk melakukan terapi penyembuhan atau pemijatan. Praktik terapi dengan cara ini terus berkembang di dalam popularitas pelayanan spa di seluruh dunia hingga saat ini.
Jenis batu yang digunakan untuk terapi Hot Stone Massage adalah batu alam yang berjenis volcanic basalt stone atau batu yang terbentuk dari lelehan lava cair dari gunung berapi yang mendingin ketika bertemu dengan air. Basalt mampu menyimpan panas lebih lama dari semua jenis batu alam yang lain

Hot stone Massage merupakan perpaduan teknik antara massage ayuverda seperti yoga, chi yaitu energy vital yang ada di tubuh, meditasi dari shiatsu dan juga Swedish yang lebih memusatkan perhatian pada pernapasan dengan massage lembut dan perlahan.
Hot Stone Massage merupakan perpaduan teknik antara massage ayuverda seperti Chi iaitu energi vital yang ada di tubuh, yang lebih memusatkan perhatian pada pernapasan dengan massage lembut dan perlahan

B. Sejarah Hot Stone Massage
Terapi pijat menggunakan batu panas sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Terapi ini telah digunakan ribuan tahun lalu sebagai ritual penyembuhan.
Di zaman Cina kuno dahulu, ada sejenis batu ramping kecil yang disebut Bianshi yang dipanaskan dan digunakan sebagai jarum akupunctur untuk proses penyembuhan. Terapi batu ini dianggap sebagai pelopor munculnya pengobatan akupunktur. Terapi batu Basalt yang dipanaskan dan diletakkan di tubuh untuk mengurangi otot-otot yang lelah dan nyeri juga dapat ditemukan sebelum dinasti Shang (sekitar 2000-1500 SM).
Orang-orang Kahuna Hawaii juga menggunakan batu lava untuk penyembuhan dan perlindungan.  Batu lava juga digunakan dalam Lomi Lomi, tehnik pijatan ala tradisional Hawaii. Batu kasar juga digunakan untuk mengelupaskan kotoran pada lapisan kulit atas.
Terapi pijatan modern menggunakan batu panas pertama kali dipopulerkan oleh Mary Nelson, terapis pijat di Tucson, Arizona yang membangun LaStone Therapy. LaStone Therapy menggunakan batu panas dan dingin untuk memberikan efek terapi dan relaksasi bagi tubuh.

C. Tujuan dan Manfaat Hot Stone Massage
Berikut sejumlah tujuan dan manfaat yang akan anda rasakan dengan melakukan Hot Stone Massage secara teratur:
a.    Menyegarkan dan merilekskan otot-otot dan jaringan otot.
Pijat batu panas memang tidak akan membantu Anda membesarkan otot. Tapi, terapi ini bisa meremajakan kembali otot-otot yang lemah dan tidak terpakai. Jika sedang dalam proses pemulihan setelah cedera, pijat bisa mempercepat pemulihan dan memperbaiki otot-otot yang menjadi lemah akibat tidak aktif.
Selain meremajakan otot, pijat ini juga bisa meredakan titik-titik pemicu di otot. Dengan merilekskan otot-otot yang tegang di beberapa bagian tubuh, seluruh tubuh akan turut merasakan manfaatnya.

b.    Tingkatkan aliran darah.
Semua jenis pijat bisa memperbaiki aliran darah. Tapi, pijat batu panas menunjukkan hasil paling maksimal. Hal ini karena penggunaan panas selama terapi. Terapis akan menghangatkan batu hingga mencapai suhu yang tepat. Panas dari batu ini selanjutnya bekerja melebarkan pembuluh-pembuluh darah kecil dalam tubuh. Akibatnya, aliran darah juga semakin cepat.
c.    Bantu tubuh keluarkan racun-racun
Berkeringat tidak hanya berperan sebagai AC tubuh, tapi juga memungkinkan tubuh melepaskan racun-racun. Meskipun seringkali tidak memperitungkan kulit sebagai organ, kulit merupakan organ tubuh yang paling besar. Dan dengan menggunakan terapi panas, seperti terapi pijat batu panas, suhu tubuh akan meningkat sehingga membuat Anda berkeringat dan mengeluarkan racun-racun dari pori-pori kulit. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.
d.   Kurangi stress
Stres merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, Anda bisa meminimalkan efek stres dengan melakukan terapi ini. Stres pada dasarnya terdiri dari ketegangan dan perasaan cemas akibat masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dan terapi ini mengurangi stres dengan membuat tubuh menjadi rileks sekaligus meningkatkan aliran darah dalam tubuh.
e.    Kurangi rasa sakit
Tubuh merasakan dunia melalui objek-objek kecil yang dikenal dengan reseptor sensori. Akan tetapi, pesan sakit ini disampaikan otak. Terapi pijat batu panas mengurangi sinyal rasa sakit dari reseptor sensori ke otak. Dengan begitu, Anda akan mengalami pengurangan rasa sakit.

D. Teknik Hot Stone Massage
1.      Yang pertama dengan cara hanya meletakkan Hot Stone (stationary placement stones) pada bagian tubuh tertentu untuk memberikan energi. Hal ini memberikan rasa hangat pada bahagian tubuh yang sedang diterapi dan memberikan efek rasa relaks serta tenang pada fikiran kerana ketegangan akan terasa mencair dan berkurang seiring dengan memudarnya rasa hangat dari batu secara perlahan.

Awalnya batu-batu basalt dipanaskan dalam air. Lalu batu diletakkan pada titik tenaga di tubuh.

Yang pertama dengan cara hanya meletakan Hot Stone (stationary placement stones) pada bagian tubuh tertentu untuk memberikan energi. Hal ini memberikan rasa hangat pada bagian tubuh yang sedang diterapi dan memberikan efek rasa relaks serta tenang pada pikiran karena ketegangan akan terasa mencair dan berkurang seiring dengan memudarnya rasa hangat dari batu secara perlahan. Awalnya batu-batu basalt dipanaskan dalam air. Lalu batu diletakkan pada titik cakra atau reiki di tubuh. Untuk titik cakra, batu diletakkan pada bawah dan atas pusar, di bawah area jantung, area jantung, clavikula, dan di tengah dahi. Sedangkan pada titik reiki, batu diletakkan pada area jantung, clavikula, hidung dan di tengah dahi. Untuk reiki, berguna untuk pencernaan dan aura pada tubuh. Sedangkan titik cakra bermanfaat untuk energi, emosi dan juga pencernaan.

Dan kedua titik tersebut berguna untuk mengeluarkan energi negatif dan memasukkan energi positif. Mengapa batu harus dipanaskan? Karena batu yang hangat akan menyeimbangkan fungsi titik-titik cakra dan reiki di tubuh, sehingga pasien merasa lebih baik dan tentram. "Tingkat panas atau hangatnya batu tergantung selera atau ketahanan pasien. Apabila masih terasa panas di tubuh pasien, biasanya terapis akan mendinginkannya dengan handuk.

2.      Yang kedua adalah dengan cara mempergunakan Hot Stone sebagai alat untuk mengurut (to actually massage). Batu yang hangat itu digunakan untuk massage dengan tekanan tertentu di seluruh tubuh. Dengan demikian, paduan kehangatan dan tekanan dari batu yang keras terasa sangat efektif. Pasien akan merasa lebih relaks, badan yang terasa sakit-sakit sehabis beraktiviti menjadi lebih lega dan tenang. Kehangatan yang dihasilkan dari batu akan membuat otot tubuh relaks lebih cepat serta mudah dari pada cara urut konvensional.
Keunikan Madinatul Asrar Hot Stone Massage yang paling utama adalah dapat memberikan dan menyeimbangkan dual hal hanya dalam satu terapi, iaitu memberikan sirkulasi energi dan merilekskan tubuh sekaligus.

E. Kontraindikasi Hot Stone Massage
Hot Stone Massage tidak dianjurkan untuk orang-orang tertentu :
1. Orang dengan penyakit menular kulit, ruam , atau luka terbuka
2. Segera setelah operasi
3. Segera setelah kemoterapi atau radiasi, kecuali direkomendasikan oleh dokter Anda
4. Orang-orang rentan terhadap pembekuan darah . Ada risiko bekuan darah yang copot . Jika Anda memiliki penyakit jantung, cek dengan dokter Anda sebelum melakukan terapi ini
5. Wanita hamil harus melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan terlebih dahulu jika ingin melakukan terapi ini. Pijat pada wanita hamil harus dilakukan oleh terapis pijat yang bersertifikat di pijat kehamilan .
6. Pijat tidak harus dilakukan langsung di atas memar, kulit yang meradang, luka yang belum sembuh, tumor, hernia perut , atau daerah patahnya tulang yang baru.
F. Tips Melakukan Hot Stone Massage
            Sebaiknya sebelum melakukan massage ini memperhatikan hal berikut:
1. Jangan makan makanan berat sebelum massage atau terlalu kekenyangan.
2. Jika Anda baru pertama kali di klinik atau spa, tiba setidaknya 10 menit lebih awal untuk menyelesaikan formulir yang diperlukan . Jika tidak , tiba 5 menit lebih awal sehingga Anda dapat memiliki beberapa menit untuk beristirahat dan bersantai sebelum memulai pemijatan .

DAFTAR PUSTAKA





Related Posts

HOT STONE MASSAGE
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.